Inilah Top Kampus Terbaik di Indonesia Versi Penilaian EduRank Resmi

UNISA Siswa yang mempertimbangkan untuk masuk perguruan tinggi tahun depan harus tetap memutuskan pilihan perguruan tinggi mereka. Jika memungkinkan, kuliahlah di universitas terbaik di Indonesia. Umumnya perguruan tinggi terbaik adalah perguruan tinggi negeri (PTN). Contohnya adalah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Berikut daftar universitas terbaik dunia, termasuk Indonesia, berdasarkan laman pemeringkatan lembaga EduRank, Jumat (13 Oktober 2023). Di Indonesia, ada lebih dari 100 universitas yang masuk pemeringkatan.

Faktanya, pemeringkatan EduRank terhadap 100 universitas terbaik di Indonesia didasarkan pada hasil penelitian, keunggulan non-akademik, dan pengaruh alumni. Pemeringkatan ditentukan dengan menganalisis 1,3 juta artikel dari 805.000 artikel akademis dari 562 universitas di Indonesia, reputasi 552 pakar alumni, dan database referensi terbesar yang tersedia.

Daftar Kampus Terbaik Versi EduRank

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa daftar perkuliahan terbaik yang saya sebutkan di dalam list dibawah ini, cocok kalian jadikan referensi ya yaitu diantaranya : 

  • Universitas Indonesia Peringkat Asia: 89 Peringkat Dunia: 533
  • Universitas Gadjah Mada Peringkat Asia: 122 Peringkat Dunia: 673
  • Institut Teknologi Bandung Peringkat Asia: 161 Peringkat Dunia: 800
  • IPB University Peringkat Asia: 230 Peringkat Dunia: 984
  • Universitas Padjadjaran Peringkat Asia: 244 Peringkat Dunia: 1.041 
  • Universitas Airlangga Peringkat Asia: 248 Peringkat Dunia: 1.046
  • Universitas Diponegoro Peringkat Asia: 256 Peringkat Dunia: 1.061
  • Universitas Brawijaya Peringkat Asia: 261 Peringkat Dunia: 1.081
  • Universitas Sebelas Maret Peringkat Asia: 355 Peringkat Dunia: 1.336
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember Peringkat Asia: 395 Peringkat Dunia: 1.435

EduRank menggunakan database Microsoft Academic sebagai proxy untuk mengambil publikasi dan referensi ilmiah serta menampilkannya dalam format grafik untuk menghitung bobot setiap publikasi. Caranya sama seperti Google dan mesin telusur modern lainnya menghitung reputasi situs web individual dan tautan balik ke universitas dari situs lain.

EduRank juga melihat konten alumni yang berkontribusi paling banyak pada Laporan Dunia. Konten alumni Wikipedia diperiksa dan digunakan sebagai skor ulasan. UI menempati peringkat 169 dunia, peringkat 31 Asia, dan peringkat 1 Indonesia dalam keunggulan alumni. 

EduRank mencantumkan 100 lulusan UI berdasarkan popularitas di halaman Wikipedia mereka, termasuk ilmuwan, politisi, jurnalis, wirausaha, feminis, dan dokter wanita pertama di Indonesia.

 

Nah demikian lah artikel diatas saya buat semoga bermanfaat bagi kalian dan calon mahasiswa yang baru saja lulus sma atau smk gunakan artikel diatas untuk memilih perkuliahan terbaik menurut kamu ya, Terimakasih dan selamat membaca.